Daris Rajih

Search…View…Copy…Paste…

Penyelamatan Diri Sendiri

Ada seorang laki-laki yang memiliki beberapa ekor ternak dan ketika ia mendengar bahwa Musa mengerti bahasa binatang, ia membujuknya untuk mengajarkannya.

Berbekal pengetahuan ini ia mendengarkan apa yang dikatakan binatang ternaknya.

Si ayam jantan berkata pada anjing, bahwa si kuda akan segera mati, dan laki-laki itu mengerti. Maka dia menjual kudanya sebelum ia menderita kerugian.

Beberapa waktu berselang, lagi-lagi ia menggunakan pengetahuannya, ia mendengar ayam jantan berkata kepada anjing, bahwa bagal tidak lama lagi akan mati, maka ia pun menjualnya, untuk menghindari kerugian.

Ayam jantan selanjutnya berkata bahwa budak dari laki-laki tersebut akan meninggal. Laki-laki tersebut dengan senang menjual si budak, untuk mengamankan uangnya sendiri. Ia sangat puas dengan dirinya sendiri dan menganggap hal ini sebagai nilai pengetahuan untuk menolong manusia dalam persoalan sehari-hari.

Sekarang orang itu mendengar ayam jantan berkata kepada anjing, bahwa dirinya (laki-laki tersebut) akan mati. Dengan panik dia pergi ke Musa, meminta nasihatnya mengenai apa yang dilakukan.

Musa berkata, “Engkau dapat pergi dan menjual dirimu sendiri sekarang.”

Mengambil perhatian dari pelajaran ini, bahwa pengetahuan bagaimana melihat kemampuan khusus orang lain, tidak berarti sesuai dengan kebutuhan sebenarnya — dirinya sndiri.

July 23, 2008 - Posted by | Kisah Hikmah

2 Comments »

  1. Yang pasti, kita tidak tahu kapan akan mati🙂

    Comment by abdal malik | November 20, 2008 | Reply

  2. bagi orang yang tidak mengetahui kapan dia akan kembali ( mati ) sangatlah rugi besar, kita bisa datang harus bisa kembali, karena di saat kita mengalami sakratul maut betapa setan setan akan selalu mengoda kita.

    namun kalau kita tau kapan kita akan berangkat ( mati ) dan tau tempat tujuan kita nanti, maka sangat mudah dan sangat bahagia.

    coba kita pahami arti dari inna illahi wainnaillahirojiun, dari Allah dan Kembali kepada Allah, pertanyaan saya, apakah saudara sudah kenal sama Allah, padahal katanya anda berasal dari Allah ??

    sekarang kalau kita tidak mengenal Allah dengan sejelas-jelasnya gimana kita bisa menuju Allah, maka anda kita akan di ajak oleh iblis hehehe.

    tapi kalau kita sudah kenal kepada Allah, maka tidak ada satupun iblis atau syetan yang bisa mempengaruhi kita semua, karena memang kita sudah tau dan kenal dengan tujuan kita, yaitu Allah.

    wassalam

    0817 288767

    Comment by Ismiyanto | April 25, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: