Daris Rajih

Search…View…Copy…Paste…

Siapakah Maruf Karkhi itu?

Seorang murid menemui Maruf Karkhi, Guru Muslim dan berkata: “Aku berbicara dengan orang tentang diri tuan. Orang Yahudi berkata, Tuan itu kepunyaan mereka. Orang Kristen menganggap tuan salah satu santo mereka. Dan orang Muslim memandang tuan sebagai kemashuran Islam.”  

Maruf menjawab, “Itu yang mereka katakan di sini, di Bagdad. Ketika aku hidup di Yerusalem, orang Yahudi menamakan aku Kristen; orang Kristen Muslim, dan orang Muslim: Yahudi.”  

“Lalu kami harus berpikir apa tentang tuan?”  

“Pikirkanlah aku sebagai orang, yang mengetahui ini tentang dirinya: “Mereka yang tidak mengerti aku, menghormati aku. Mereka yang menjelekkan aku, tidak mengerti aku juga.”  

Jika engkau mengira, engkau itu adalah apa yang dipikirkan sahabat atau musuhmu, engkau jelas belum mengenal dirimu.

May 30, 2008 - Posted by | Kisah Sufi

2 Comments »

  1. assalamualaikum.

    nice story. brother u can see this site http://worldmoslem.wordpress.com/
    that about moslem in the world.

    walaiku salam

    Comment by agungpambudi81 | October 13, 2008 | Reply

  2. semakin membaca sepertinya kita semakin menjauh, pengetahuan panca indera yang mendominasi….
    saya pernah dengar bahwa para sufi tidak membicarakan prosesnya karena prosesnya bukan pada panca indera—semakin diketahui semakin kamu tidak tahu–tapi mencintai para sufi lebih baik dari pada tidak mengenal mereka– cobaan tidak ada artinya jika diketahui lebih awal — pengungkapan rahasia bisa jadi kliru atau dusta karena rahasia tetap rahasia — modal hidup didunia adalah dipercaya —

    Comment by haris | November 7, 2008 | Reply


Leave a Reply

