Daris Rajih

Search…View…Copy…Paste…

Kasih Sayang Terhadap Mahluk Lain

Setelah Umar bin Khattab Ra wafat, seorang penduduk Madinah bermimpi bertemu dengan beliau. Umar menjelaskan bahwa Allah mengampuni dosa-dosanya dan tidak sedikitpun mengazab beliau.

” Apa penyebab semua itu?” tanya orang tersebut.

” Segera setelah aku kalian tinggalkan diliang kubur, datang dua malaikat. Wajah mereka menakutkan sehingga menggoyahkan sendi-sendi di tulangku. Dengan kasar di dorongnya aku duduk dan diinterogasi. Aku benar-benar jadi hilang akal karena takut. Tapi tiba-tiba ada surga yang melarang memperlakukan aku dengan kasar. ‘ Tinggalkan hamba-Ku itu. Jangan kau sakiti dia karena aku mengasihinya sebagaimana dia mengasihi seekor burung pipit, ‘ ujar suara itu.’

‘Apakah yang pernah Tuan perbuat terhadap seekor burung pipit?” tanya penduduk Madinah itu.

” Sekali waktu ketika aku menjadi Khalifah, aku melihat seorang anak sedang mengurung dan mempermainkan seekor burung pipit. Lalu aku mengambil dinar dari sakuku dan kubeli serta kubebaskan burung itu. Dia pun terbang dengan bebas dan merdeka di angkasa. Rupanya kebaikan kecil itulah yang diberi pahala besar oleh Allah,” jelas Umar.

May 12, 2008 - Posted by | Kisah Hikmah

No comments yet.

Leave a Reply

