Daris Rajih

Search…View…Copy…Paste…

Korbankan Dirimu

Suatu hari, Abu Sa’id pergi berjalan-jalan. Beberapa orang murid, termasuk Sankani, ikut menemaninya. Ketika mereka tengah berjalan, Abu Sa?id melihat bahwa Sankani terlalu sibuk dengan penampilannya sendiri. Ia melarang Sankani untuk berjalan di depannya. Si murid itu pun pindah ke samping kiri Syeikh. Setelah beberapa saat, ia meminta lagi, Jangan berjalan di sebelah kiriku. Sankani berpindah lagi ke sebelah kanan tapi Abu Sa?id kembali melarangnya berjalan di sisi itu.

Sankani kebingungan dan kesal. Ia bertanya, ?Lalu di mana saya harus berjalan?? Abu Sa?id menjawabnya dengan sebuah cerita: ?Dahulu aku senang bepergian. Lalu aku menyesal karena perjalananku telah membuat aku kehilangan waktu untuk berguru kepada seorang syeikh. Ketika aku kembali belajar kepada syeikh itu, ia berkata bahwa aku tak usah menyesali sepuluh tahun kepergianku itu karena selama itu yang ia ajarkan sebenarnya hanya satu hal -dan hal itu pun amat singkat: Kurbankan ego-mu. Itu saja.

March 11, 2008 - Posted by | Kisah Sufi

No comments yet.

Leave a Reply

